Android (cara mengatasi tidak ada koneksi pada BBM di android)

BBM for Android sudah beberapa kali diperbarui namun masih saja terdapat cacat/bug yaitu tidak dapat menemukan koneksi internet. Pada saat yang sama, aplikasi yang lainnya tidak ada kendala dengan akses internet, jadi ini bukan masalah koneksi internetnya saya rasa, tetapi pada aplikasi BBM.




Ada dua kondisi setelan bawaan Access Point Name (APN) pada perangkat android yaitu ada yang setelan proxy dan port kosong, ada juga proxy dan port yang terisi.
Pergi ke Pengaturan > Jaringan Seluler > Nama Poin Akses .



Pilih paket data yang anda pakai



Untuk android yang secara bawaan proxy dan port sudah terisi (sudah dites pada Sony Tipo, Galaxy Tab)

  • Pada bagian Proxy dan Port, catat nomor Proxy dan Port untuk cadangan saja, lalu hapus proxy dan Port, biarkan kosong. Setelah itu nyalakan ulang perangkat android. Sekarang silahkan coba login lagi ke aplikasi BBM.
  • Kalau masih tidak bisa, hapus Username dan Password.
  • Kalau masih tidak bisa juga hapus data BBM, pergi ke Pengaturan > Manajer aplikasi > buka pada BBM > Hapus data. Lalu coba login kembali ke BBM.
  • Untuk yang masih gagal ingin mencoba dengan kartu lain agar menghapus data BBM dahulu seperti diatas..


Untuk Android yang secara bawaan proxy kosong(sudah dites pada Evercoss Telkomsel)

  • Silahkan minta konfigurasi GPRS lagi ke operator atau isi secara manual seperti berikut, pada bagian Proxy dan port silahkan diisi sesuai dengan operator masing-masing :

Telkomsel -> Proxy : 10.1.89.13 Port : 8000

Xl -> Proxy : 202.152.240.050 Port : 8080

Axis -> Proxy : 10.8.3.8 Port: 9201 atau 8080

Indosat -> Proxy : 10.19.19.19 Port : 8080

3 -> Proxy 10.4.0.10 Port: 3128

Smartfren -> Proxy 10.17.27.250 Port : 8080

Setelah dimasukkan nomor proxy dan portnya, nyalakan ulang android dan coba login lagi ke BBM.

  • Kalau masih tidak bisa juga hapus data BBM, pergi ke Pengaturan > Manajer aplikasi > buka pada BBM > Hapus data. Lalu coba login kembali ke BBM.
  • Untuk yang masih gagal ingin mencoba dengan kartu lain agar menghapus data BBM dahulu seperti diatas..

Untuk yang sudah berhasil login tetapi tidak bisa/gagal mengirim pesan atau pesan tertunda terus (pending), itu bisa jadi karena pernah mengganti kartu SIM sehingga pengaturan APN-nya berbeda, cara mengatasinya sama.


Jika masih gagal juga, sayang sekali, saya juga sudah browsing di forum dukungan Blackberry namun belum ada solusi lain. Mungkin bisa menanyakan ke Operator data seluler yang anda pakai.

Bagi yang berhasil tanpa cara diatas mohon dibagi ya infonya karena masih banyak perangkat yang masih tidak bisa menggunakan cara diatas.

1 comments:

ijin praktek gan
makasih sudah share
solder uap

Reply

Post a Comment